Soal UKG SD 2015 Sahabat Sekalian pada kesempatan kali ini akan membuatkan artikel mengenai referensi soal Uji Kompetensi Guru Untuk Guru kelas Sekolah dasar atau SD tahun 2015. Bulan februari 2015 ini merupakan pelaksanaan UKG tahun 2015 untuk seluluruh Guru Guru Se Indonesia yang belum tersertifikasi.
kemudian berinisiatif untuk share beberapa referensi soal UKG Guru Kelas Sekolah dasar, yang sanggup anda simak dibawah ini:
Soal UKG SD 2015
1.Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
A.kesulitan memulai sesuatu, tetapi jikalau berhasil akan bertahan hingga akhir
B.menampakkan murka apabila mengalami kesulitan di sekolah
C.mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
D.mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
2. Perkembangan sikap moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan sikap moral, seorang anak berguru melalui cara-cara berikut, kecuali ….
A.coba-ralat (trial and error)
B.pendidikan langsung,
C.identifikasi
D.observasi
3. Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut memperlihatkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
A.sosial
B.moral
C.intelektual
D.emosional
4. Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang sanggup teridentifikasi dalam proses pembelajaran ialah minat terhadap ….
A.masalah sosial
B.bidang olahraga
C.tubuh manusia
D.kesehatan manusia
5. Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya semoga pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
A.kesehatan
B.status
C.penampilan
D.pekerjaan
6.Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau kisah rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan materi pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru sanggup mengindentifikasi minat siswa terhadap….
A.penampilan
B.pekerjaan
C.sekolah
D.status
7. Dalam proses pembelajaran wacana kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh semoga tumbuh sehat dan berpengaruh (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak sanggup mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan bisa menciptakan laporan wacana apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, sanggup dikatakan bahwa guru sanggup mengidentifikasi minat siswa terhadap …
A.seks
B.penampilan
C.kesehatan
D.pekerjaan
8.Minat siswa yang sanggup teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS ialah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya ialah ….
A.nama-nama keluarga
B.penampilan diri
C.ikatan kekerabatan
D.jenis pekerjaan orang tua
9. Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan wacana kompetensi dasar: ‘Melaksanakan hukum yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa ialah ….
A.mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
B.melaksanakan hidup rukun di masyarakat
C.mengenal lingkungan rumah dan sekolah
D.mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
10. Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa ialah kemampuan ….
A.membagi
B.menjumlah
C.mengurang
D.menghitung
11.Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan bendabenda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa ialah kemampuan ….
A.membuat karangan deskriptif
B.melengkapi kalimat belum selesai
C.menyusun kalimat sederhana
D.membaca kalimat sederhana
12. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan tanda-tanda (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, ialah ….
A.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
B.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
C.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
D.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
13.Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana akseptor pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
14. Inovasi merupakan suatu perubahan gres yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.Santosa S. Hamidjaja
B.Mattew B. Milers
C.Sumantri Mulyani
D.Rabbin
15. Mencari penguatan terhadap keputusan penemuan yang dilakukan termasuk . . . .
A.Bujukan (persuasion)
B.Konfirmasi (confirmation)
C.Implementasi (implementation)
D.Pengembalian keputusan (decision making)
16. Salah satu sifat perubahan dalam penemuan yaitu upaya penyusunan kembali banyak sekali komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A.Addition
B.Restructuring
C.Alternation
D.Substitution
17. Tahap pada ketika individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap penemuan dikategorikan .................................
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)
18. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
A.menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
B.memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
C.penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
D.memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
19. Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
A.memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
B.penalaran yang memakai logika-logika yang sanggup diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian perkara untuk mengambil keputusan
C.berfikir wacana sesuatu dengan suatu cara yang gres dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap banyak sekali persoalan
D.mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa kini maupun masa yang akan datang
20. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
A.mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
B.berperan serta dalam permainan logika
C.menyukai teman sebaya lawan jenis
D.dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
21. Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan berguru yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut sanggup teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….
A.4 + 3 = …..
B.9 - 6 = …..
C.8 - … = ….
D.5 + 4 = ….
22. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan berguru Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
A.adanya gangguan korelasi keruangan
B.kesulitan dalam bahasa dan membaca
C.gangguan mengenal dan memahami simbol
D.performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
23. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
A.suara
B.kosakata
C.artikulasi
D.kelancaran
24. Salah satu referensi kesulitan berguru bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif ialah ….
A.menangkap makna secara penuh
B.mengingat kembali kata-kata
C.membandingkan informasi yang diterima
D.merumuskan alternatif pemecahan masalah
25. Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan lantaran karakteristik pembelajaran tersebut ialah ….
A.Membangkitkan minat siswa.
B.Merangsang siswa lebih aktif belajar.
C.Memberi kesempatan siswa berkreasi.
D.Membiasakan siswa berguru sesuai dengan lingkungan.
26. Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) menurut Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 ialah kompetensi …..
A.Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial.
B.Kepribadian, pedagogik, professional, dan social.
C.Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
D.Pedagogik, professional, manajeria, dan sosial.
27. Setiap guru wajib menciptakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
A.Nomor 22 tahun 2006 wacana Standar Isi
B.Nomor 23 tahun 2006 wacana SKL
C.Nomor 41 tahun 2007 wacana Standar Proses
D.Nomor 20 tahun 2007 wacana Standar Penilaian Pendidikan
28. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan acara pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional semoga tercapai efisien dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut ….
A.Standar Proses.
B.Standar Kompetensi Lulusan.
C.Standar Sarana dan Prasarana.
D.Standar Pengelolaan.
29. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi ialah :
A.Standar Kompetensi
B.Kompetensi Dasar
C.Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
D.Standar Kompetensi Lulusan
30.Panjang sebuah kawat tembaga 56 cm dan panjang sebatang kawat besi 104 cm. Jika kedua kawat itu harus dipotong sama panjang dengan panjang maksimum, dari kedua kawat itu akan diperoleh
A.8 batang kawat tembaga dan 8 kawat besi
B.7 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
C.13 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
D.14 batang kawat tembaga dan 26 kawat besi
Demikinlah artikel mengenai Contoh Soal UKG Guru SD tahun 2015, semoga artikel ini sanggup memperlihatkan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ki]